Usaha Tanaman Hias Buk Suci di Tengah Pandemi Covid-19

Suci, Ibu satu anak yang berjuang menambah penghasilan keluarga dengan berjualan tanaman hias

Info (Lingga)- Feature | Masa Pandemi yang melanda dunia saat ini, membuat ekonomi diberbagai negara menjadi lemah. Setiap orang berpikir keras, selain untuk menjaga kesehatan namun juga untuk mampu bertahan hidup.

Hal inilah yang saat ini dirasakan oleh salah seorang ibu rumah tangga yang berjuang mencari nafkah untuk membantu perekonomian keluarga.

Baca juga :

Suci Saftari (28), harus bersabar dengan situasi ekonomi yang melemah saat ini, untuk membantu meringankan beban ekonomi keluarganya, serta membantu menambah penghasilan selain dari hasil kerja keras suaminya, ia mencoba merintis usaha jual beli tanaman hias yang dimulainya bersamaan dengan datangnya wabah Covid-19 di Indonesia.

Suci merupakan seorang wirausaha yang bergerak di bidang budidaya tanaman hias yaitu sebuah usaha menjual tanaman yang dijadikan hiasan untuk di rumah-rumah, tepatnya di Kelurahan Dabo, Kecamatan Singkep, Kabupaten Lingga.

“Umur usaha budidaya tanaman hias ini memang masih sebesar biji jagung, saya memulainya saat Pandemi Covid-19 mulai merajai dunia. Saya belum memiliki banyak pengalaman dalam usaha budidaya tanaman hias ini, namun ini harus saya lakukan setidaknya dapat menambah pendapatan untuk membeli perlengkapan dapur,” keluh Suci, Selasa (10/11/2020).

Suci menuturkan, setiap hari dia harus memperhatikan seluruh tanaman hiasnya, mulai dari kondisi tanah, air, daun hingga pot bunganya. “saya biasanya subuh selesai shalat dan masak, udah mulai bergelut dengan tanaman, mulai dari menyiram, menyiangi hingga memupuk.

“Memang, butuh modal namun saya membuat inisiatif sendiri, mulai dari membuat tanah bakar sendiri, pupuk kompos olahan sendiri hingga mencoba membentuk tanaman agar terkesan lebih menarik, tambah Suci dengan raut wajah yang penuh semangat.

Berbagai cara Suci mempromosikan tanaman hias miliknya, seperti mempromosikan di media sosial facebook dan instagram, dengan memposting jenis-jenis tanaman yang beraneka ragam, walaupun ada sedikit kemajuan tetapi memang sangat sulit mendapatkan pembeli.

Berbagai jenis tanaman hias yang dijual Suci rata-rata harganya terbilang cukup ekonomis, mulai dari tanaman Aglonema, Keladi Hias, Bogenvill, Kaktus, Hingga anggrek yang rata-rata harganya mulai dari 30-50 Ribu Rupiah.

“Saya jual murah saja, karena kalau mahal takut enggak laku, lagipula di masa Covid-19 ini, hanya sebagian kecil saja yang berminat untuk mencari tanaman hias,” ungkap Suci.

Namun, ia tetap semangat, alasannya sederhana. “Saya membuka usaha jual beli tanaman hias ini sebenarnya bukan hanya berharap untuk mendapatkan tambahan uang dapur, namun juga merupakan hobby, saya menyukai warna-warni tanaman ini, lagi pula, tidak terlalu sulit untuk merawat tanaman ini, yang terpenting, kita harus memperhatikan kondisi air pada tanahnya saja,” tutur Ibu satu anak ini.

Suci merupakan perempuan kreatif, tak mau berdiam diri saja, ia mencoba berusaha membantu suaminya mendapatkan penghasilan lebih dengan caranya sendiri. Meskipun tak ada penghasilan pasti, Suci tetap berikhtiar terus berusaha untuk mencari penghasilan tambahan bagi keluarganya tercinta, meskipun dihantui rasa takut akan pandemi Covid-19. (m.i.h)

Recommended For You

About the Author: Redaksi Infolingga.net

Media Informasi dan Hiburan Seputar Kepri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *