Usai Menghilang, Jack Ma Akhirnya Muncul ke Publik dan Sampaikan Hal Ini

pendiri Alibaba Group, Jack Ma 

Info (Internasional)-Usai mengecam sistem regulasi China dalam sebuah pidato pada Oktober 2020 lalu, pendiri Alibaba Group, Jack Ma hilang dari muka publik.

Dalam kritiknya, Jack Ma secara terbuka mengkritik regulator China karena menghambat inovasi dengan terlalu menghindari risiko.


Baca juga :


Namun, setelah hampir selama 3 bulan menghilang, kabar tentang keberadaan Jack Ma akhirnya terendus.

Dikutip NESIATIMES.COM dari SCMP, Jack Ma tampil ke publik dengan menyampaikan pidato dalam video kepada lebih dari 100 guru di pedesaan China pada Rabu, 20 Januari 2021 pagi.

Jack Ma Foundation mengonfirmasi bahwa miliarder China itu telah berpartisipasi dalam acara virtual tahunan Pedesaan Pengajar Inisiatif.

Kemudian dalam pidato tersebut, menurut Tianmu News, Jack Ma mengungkapkan bahwa ia telah ‘belajar dan berpikir’ serta menyimpulkan bahwa pengusaha China harus membantu visi negara tentang ‘revitalisasi pedesaan serta kemakmuran bersama’.

“Saya telah belajar dan berpikir akhir-akhir ini dengan rekan-rekan saya, dan kami lebih berkomitmen dari sebelumnya pada pendidikan dan amal,” kata Ma, dalam transkrip pidatonya.

Kemudian, akun Twitter @globaltimes mengunggah pidato Jack Ma itu pada Rabu, 20 Januari 2021 siang.

Terdapat pengguna Twitter yang berspekulasi bahwa Jack Ma membeberkan alasan sesungguhnya mengapa ia menghilang pada paragraf terakhir di pidatonya.

Sebelumnya, kritik yang ia sampaikan kepada regulasi China di Shanghai itu mengakibatkan Jack Ma mendapat panggilan dari regulator China.

Alhasil, penawaran umum perdana (IPO) dari perusahaan fintech-nya, Ant Financial dibatalkan karena diduga melakukan pelanggaran.

Secara bersamaan pemerintah China juga menyelidiki Alibaba atas dugaan monopoli pada 24 Desember 2020.

(Leo/Mel/C.A)

Sumber : NESIATIMES.COM

Recommended For You

About the Author: Cahyo Aji

Media Informasi dan Hiburan Seputar Kepri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *