Yuk… Jadi Penghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren Tahfizh Baitul Qur’an

Info (Pendidikan)- Sudah lebih dari 8 tahun sejak didirikan, Pondok Pesantren Tahfizh Baitul Qur’an yang berdomisili di Dabo Singkep Kabupaten Lingga. Pondok Pesantren ini adalah pesantren pertama berdiri di Dabo Singkep Kabupaten Lingga.

Abu Hasim, sebagai pendiri Pesantren ini sudah sekian lama menginginkan adanya sebuah pesantren di Daerah Bunda Tanah Melayu. Maka lahirlah Pesantren ini yang diharapkan nantinya muncul para Generasi Qurani yang berakhlak dan berprestasi sesuai visi dari Pesantren ini.

Keterangan foto : para santri yang sedang menimba ilmu di Pondok Pesantren Tahfizh Baitul Qur’an, Dabo Singkep, Kabupaten Lingga

BQ, adalah singkatan dari Baitul Qur’an, telah diminati sejak awal berdiri oleh putra-putra daerah yang cerdas dari berbagai daerah, seperti dari Lingga, Karimun, Tanjungpinang, Batam, Anambas dan bahkan dari luar Kepulauan Riau.

Sejalan perkembangannya, BQ telah membentuk beberapa unit pendidikan. Unit Pendidikan yang ada hingga saat ini antara lain: SMAS Baitul Quran, PPS Wustha Baitul Qur’an, Takhassush, Santri Siap Mengabdi (SSM), dan Santri Tahfizh Non Mukim (STNM) yang semua unit itu terbagi menjadi santri mukim dan non-mukim. Setiap unit memiliki ciri khasnya masing-masing sesuai dengan tujuan yang diharapkan. SMAS BQ ditujukan untuk santri yang ingin belajar formal seperti pada umumnya. PPS Wustha setingkat dengan sekolah menengah pertama di bawah payung Kementerian Agama. Takhassush dibentuk agar santri fokus menghafal Qur’an sehingga mampu lebih cepat hafalannya dibanding santri lainnya. SSM ditujukan untuk mempersiapkan santri-santri yang siap terjun langsung ke masyarakat untuk menjadi khatib dan kegiatan positif lainnya di masyarakat. Dan kuhusus program Santri Tahfizh Non Mukim (STNM) adalah santri tidak menetap di asrama namun tetap dibimbing untuk menghafal Al-Qur’an dan ilmu-ilmu islam layaknya santri yang bermukim.

Baca juga :

Sejak didirikannya, telah banyak prestasi yang diraih baik di bidang akademik maupun di bidang non akademik, terutama di ajang perlombaan Islami seperti STQ/MTQ dari tingkat desa, kecamatan, provinsi bahkan ke tingkat nasional melalui berbagai cabang., sebut saja Cabang Hifzhil Quran, Fahmil Quran, Tilawah al-Quran, Tartil al-Quran, Syarhil Quran, Qiroat al-Quran, Karya Tulis Ilmiah al-Quran, Kaligrafi al-Quran, dan sebagainya. Pada penutupan STQ Ke-IX tingkat Kabupaten Lingga (16/03/2021), lebih dari 40 santri BQ yang mewakili kecamatannya masing-masing berhasil mendapatkan juara di berbagai cabang perlombaan, mulai dari Harapan 2 hingga Juara 1.

Keberhasilan ini tidak bisa dipungkiri adalah merupakan hasil jerih payah para pendidik yang telah ikut membimbing para santri sebelum perlombaan. Begitu juga dengan perlombaan bidang umum, juga mampu diraih oleh santri-santri terbaik BQ, seperti Lomba KSN (Kompetisis Sains Nasional) tingkat Kabupaten dan bidang olahraga.

Saat ini Pondok Pesantren Tahfizh Baitul Qur’an sedang mengajak anak-anak cerdas di luar sana untuk bergabung di Pondok BQ melalui agenda Penerimaan Santri Baru Tahun Ajaran 2021/2022.

Agenda ini diselenggarakan setiap tahunnya dengan misi yang sama, yaitu membentuk dan melahirkan calon-calon penghafal Qur’an yang akan berjuang di jalan Allah. BQ membuka peluang bagi siapa saja yang berniat untuk menjadi seorang penghafal Qur’an yang ber-akhlakul karimah.

Ada beberapa program yang dibuka, di antaranya SMAS Baitul Qur’an, PPS Wustha Baitul Qur’an, Takhassush, Santri Tahfizh Non Mukim, serta Santri Siap Mengabdi. Penerimaan dibuka sejak tanggal 25 Februari hingga 25 Maret 2021 mendatang dengan kuota penerimaan yang terbatas.

Jadi untuk siswa-sisiwi yang bercita-cita menjadi hafiz atau hafizah, mari bergabung ke Pondok Pesantren Tahfizh Baitul Qur’an Kabupaten Lingga. Di Pondok ini, kita akan dibimbing untuk bisa menghafal Al-Qur’an dengan cepat dengan tahapan metode 3T (Tahsin, Tahfizh, dan Takrir), tak hanya itu akan banyak kegiatan-kegiatan yang menarik seperti muhadhoroh (pidato 3 bahasa), mempelajari kitab-kitab berbahasa arab khas kepesantrenan, berzanji, outbond ke beberapa objek wisata, ekstrakurikuler yang beragam, dan perlombaan-perlombaan yang seru saat memperingati hari-hari tertentu.

Jadi tunggu apalagi…? Segera daftarkan dirimu sekarang juga. Mari kembangkan karakter yang ada dalam dirimu menjadi lebih baik, seperti kedisiplinan, kemandirian, kepimimpinan, dan sebagainya di Pondok Pesantren Tahfizh Baitul Qur’an. Pendaftaran bisa dilakukan dengan 2 cara, yaitu secara luring dengan langsung mendatangi Pondok Pesantren Tahfizh Baitul Qur’an yang beralamat di Kampung Telek, Desa Tanjung Harapan, Kec. Singkep, Kab. Lingga atau juga secara daring melalui link http://bit.ly/baitulquranform. Insya Allah berkah dunia dan akhirat akan berhasil kalian genggam. (Red)

Sumber : Humas Pesantren Tahfizh Baitul Qur’an

Recommended For You

About the Author: By Redaksi Infolingga

Media Informasi dan Hiburan Seputar Kepri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *